Kamis, 05 Oktober 2023

Kesiapan Lanal Banjarmasin Dalam Partisipasi Penanganan Karhutla

Kesiapan Lanal Banjarmasin Dalam Partisipasi Penanganan Karhutla

TNI AL, Banjarmasin, 5 Oktober 2023,- Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) memusatkan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dalam dua pekan mulai awal Oktober 2023 di Kota Banjarbaru.  

Saat ini kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Selatan masih berstatus siaga, namun peningkatan penanggulangan harus segera diupayakan, hal ini untuk mengantisipasi dan mengurangi dampak dari El Nino yang menimbulkan kemarau panjang dan dapat menyebabkan Karhutla semakin meluas.
Hal utama yang dilakukan oleh seluruh komponen Satgas Karhutla adalah pembasahan lahan di wilayah Kota Banjarbaru, yang merupakan lahan gambut dan mudah terbakar.

Lanal Banjarmasin dengan keterbatasan peralatan yang ada, memodivikasi Mobil Pickup dengan tanki air berkapasitas 2000 liter, pompa alkon yang dilengkapi dengan peralatan pemadam api seperti selang hydrant dan nozle. Ditambah dengan perlengkapan untuk keselamatan personel, ikut berpartisipasi dalam membantu penanggulangan Karhutla di Kalimantan Selatan.

Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., mengungkapkan bahwa "Keterbatasan alat bukanlah suatu alasan untuk menyerah, namun bagaimana cara kita untuk mengubah sarana yang ada bisa berguna sehingga dapat ikut serta mengurangi kesulitan yang kita hadapi di lingkungan sekitar."

(Pen Lanal Banjarmasin)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved