Sabtu, 30 Desember 2023

Kemenko PMK RI Di Dampingi DPMD Lakukan Monitoring Dan Evaluasi Desa Cerdas/ Digital Desa Pasirhalang. Ini Harapan Kades Yusup

Kemenko PMK RI Di Dampingi DPMD Lakukan Monitoring Dan Evaluasi Desa Cerdas/ Digital Desa Pasirhalang. Ini Harapan Kades Yusup



Sukabumi.

Kementerian Koordinator  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia ( Kemenko PMK RI) di dampingi DPMD Kabupaten Sukabumi melakukan Kunjungan Monitoring Ke Desa Cerdas/ Digital yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi. Diantaranya Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Jumat (29/12/23).

Kepala Desa Pasirhalang RM. Yusup Poernama mengatakan. Kunjungan Kemenko PMK RI Ke Pemdes Pasirhalang ini dalam rangka monitoring dan evaluasi keberadaan Desa Cerdas dan Desa Digital untuk wilayah Kabupaten Sukabumi.

" Seperti kita ketahui bersama dari 29 Desa di kabupaten Sukabumi yang masuk kedalam Desa Cerdas dan Digital. Desa Pasirhalang adalah salahsatunya yang masuk ke dalam kelompok 1000 Desa Cerdas/ Digital ditingkat nasional." Kata Yusup.

Lebihlanjut, RM. Yusup menjelaskan Kedatangan mereka lebih kepada monitoring sejauh mana desa ini, melaksanakan pungsi kegiatan Pemerintahan desa melalui teknologi digitalisasi 

" Sebagai mana kita ketahui bersama bahwa Desa Pasirhalang ini merupakan Desa mandiri, Desa Cerdas/Digital terkait pelayanan terhadap masyarakat dengan mengunakan aplikasi Simple desa.

Hal ini menjadi inovasi desa dalam rangka upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dengan menggunakan digitalisasi." Jelasnya .



Dijelaskan, RM.Yusup, dengan sarana ini bisa mempermudah pelayanan serta mengetahui perencanaan pembangunan desa hingga kegiatan kegiatan lainnya.

" Jadi untuk memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi yang ada di desa dengan adanya Simple desa tersebut." Terangnya.

Adapun yang disampaikan Pemdes Pasirhalang kepada Kemenko PMK RI dalam kunjungannya menurut , RM Yusup  yaitu terkait persoalan pengelolaan anggaran. Terkait Kebijakan Pemerintah Pusat terhadap Pemerintah Desa.

" Hal ini kami sarankan melalui Kemenko itu agar diberikan semacam keluluasan yang optimal termasuk bantuan terhadap desa desa yang memiliki prestasi tersebut supaya perhatikan lebih kaitan dengan anggarannya." Bebernya.

" Mudah mudahan apa yang direncanakan Pemdes Pasirhalang dengan kehadiran Kemenko PMK RI ini bisa memfasilitasi apa yang diinginkan Oleh Desa terkait saran prasarana penunjang terhadap optimalisasi pelayanan melalui digitalisasi." Pungkasnya.

Prima RK

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved