Kamis, 21 Desember 2023

Puluhan RT dan RW Mengikuti Peningkatan Kapasitas Di Desa Langansari

Puluhan RT dan RW Mengikuti Peningkatan Kapasitas Di Desa Langansari



Sukabumi
Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Para Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) .  Pemerintah Desa Langansari menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan RT dan RW yang di buka langsung oleh Camat Sukaraja Erry Erstanto. Di Aula Desa Langansari Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Rabu ( 20/12/23).

Hadir sebagai Nara sumber dalam kegiatan tersebut, Camat Sukaraja Erry Erstanto, Perwakilan DPMD Kabupaten Sukabumi, dan Kasi Binwas Kecamatan Sukaraja Ai Hamidah dan dihadir pula Kepala Desa Langansari, Babinkamtibmas dan Babinsa.

Camat Sukaraja Erry Erstanto yang diwakili Kasi Binwas Ai Hamidah kepada awak media mengatakan, Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT/RW ini 

" Tujuannya agar semua Ketua RT dan RW mengetahui tugas dan fungsinya. Pengurus RT dan RW mempunyai tugas, fungsi dan kewenangan yang berat dalam turut serta menjalankan roda pemerintahan di tingkat Desa." Kata Ai Hamidah Kasi Binwas kepada awak media. Rabu ( 20/12/23).

Lebihlanjut, Ai Hamidah menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT dan RW ini sangat penting, karena untuk memperkuat tugas dan fungsi para ketua RT dan RW sebagai garda terdepan yang paling dekat serta bersentuhan langsung dengan masyarakat.

" Tugas dan fungsi RT/RW adalah untuk membantu Pemerintah Desa dalam urusan pemerintahan serta pelayanan terhadap masyarakat, pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, mengembangkan inisiatif dan penggerak swadaya gotong royong untuk partisipasi masyarakat di wilayah kerja masing-masing." Ujarnya.

Ditempat yang sama Kades Langansari Nasihin mengucapkan terimakasih kasih kepada para narasumber yang telah memberikan pemahaman kepada Para RT dan RW di wilayahnya.


" Mudah mudahan dengan adanya kegiatan ini RT dan RW tersebut bisa meningkatkan kwalitas kinerjanya dalam membantu Pemerintah desa sesuai dengan tugas, pungsi dan kewajibannya." Ungkap Nasihin.

Nasihin  berharap tugas dan pungsi RT dan RW dilaksanakan sesuai dengan aturan dan Undang Undang yang berlaku terutama dalam masalah keamanan dan ketertiban dilingkungan masing masing.

" RT dan RW  harus bisa meningkatkan Gotong royong dan swadaya serta bisa menampung aspirasi masyarakat." Saya juga berharap RT dan RW yang  merupakan RKD mitra desa membantu tentang pembangunan kedepannya." Harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Pemdes Langansari juga membagikan insentif kepada puluhan RT dan RW yang ada di Desa Langansari.

Prima

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved