Sabtu, 09 Desember 2023

Sekda Kab, Sukabumi Buka Acara Peningkatan Kapasitas Bagi Kades Dan Perangkat Desa Yang Di Gelar BKAD Kab, Sukabumi.

Sekda Kab, Sukabumi Buka Acara Peningkatan Kapasitas Bagi Kades Dan Perangkat Desa Yang Di Gelar BKAD Kab, Sukabumi.



Sukabumi
Badan Kerjasama Antar Desa ( BKAD) Kabupaten Sukabumi menggelar Peningkatan Kapasitas Bagi Kepala Desa Dan Perangkat Desa  Sekabupaten Sukabumi Tahun Anggaran 2023. Dan di buka langsung oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Nuryaman. Di Hotel Sukabumi Indah Salabintana. Sabtu (9/12/23).

Acara tersebut mengambil tema, "Pendalaman Tugas Pungsi Kepala Desa Dan Perangkat Desa Dalam mewujudkan Desa bebas Korupsi, transparan, Akuntabel, Partisipatif, Tertib dan Profesional." Dan hadiri oleh para narasumber mulai dari DPMD, Inspektorat, Kejaksaan, Kepolisian dan Apdesi Kabupaten Sukabumi.

Ketua Badan Kerjasama Antar Desa ( BKAD) Kabupaten Sukabumi. RM. Yusup Poernama mengatakan sebagai mana kita ketahui barusan pelaksanaan pembukaan Kegiatan Bimtek Kepala desa dan Perangkat desa telah selesai di buka oleh Bapak Sekda  mewakili Bupati Sukabumi.

" Alhamdulillah peserta yang sudah mendaftarkan dalam kegiatan ini sekitar 560  orang peserta . Dan sudah siap untuk mengikuti kegiatan tersebut, kegiatan ini bagi menjadi 4 gelombang dari tanggal 9 s/d 13 Desember 2023, untuk Gelombang I sebanyak 135 Orang Khusus Para Kades,  Gelombang 2 dan 3 kaur, kasi  dan gelombang terakhir Sekdes dan bendahara. " Kata Yusup.

Lebihlanjut. Yusup mengatakan Kegiatan ini bagian dari tuntutan kepala desa dalam hal ini perangkat desa terkait dengan peningkatan,  pengetahuan, pemahaman dan pengamanan tentang sistem matika tentang pengelola anggaran desa, koordinasi dengan para pimpinan dan terakhir silaturahmi dengan antar desa yang di kabupaten Sukabumi




" Tujuannya ini bagian dari tuntutan Pemdes terkait dengan regulasi yang setiap tahunnya terus berkembang dan berubah rubah." Terangnya.

Yusup berharap dengan kegiatan ini para kades dan perangkatnya bisa memahami, mengetahui tentang sistem pengelolaan anggaran. Sehingga akan terhindar dari hal hal yang tidak kita inginkan bersama.

" Mudah mudahan tidak ada hal hal yang tidak kita inginkan karena tujuan kita satu  lebih kepada memaksimal pengetahuan tentang regulasi peraturan desa hari ini dan kedepannya." Bebernya.

Ditempat yang sama. Sekda Ade Nuryaman menyampaikan arahanya semua kades dan perangkat desa agar selalu koordinasi, Sinergi dan Kolaborasi harus terus terjalin dan terbangun  dengan baik diantara BKAD,APDESI dan Parade Nusantara serta Steakholder terkait sehingga semuanya dapat memainkan Perannya  secara tepat sesuai Kapasitasnya masing masing karena hal ini menjadi kunci utama kelancaran dan Kesuksesan.

" manfaatkan kegiatan dengan sebaik mungkin oleh Para Kepala Desa agar Knowledge ,skill,and Ability semakin meningkat sehingga tugas yang telah diamanatkannya dapat diemban dengan baik  dan benar serta mampu membawa perubahan di berbagai sektor  Pembangunan" ungkapnya.

Sekda menegaskan, kepala desa yang mengikuti Bimtek dituntut untuk mampu menjadi manager yang cerdas dalam pengelolaan desa dan membangun sumber daya manusia yang unggul, agar dapat menjadikan desa maju dan mandiri.

“Membangun desa bukan hanya sekadar berencana, tetapi rencana itu harus direalisasikan melalui program yang realistis,” imbuhnya.


Sekda  berharap, Kepala Desa bisa bergerak bersama-sama untuk membangun kemajuan Kab. Sukabumi yang lebih baik.

Hal senada diungkapkan. Sekretaris DPMD Kabupaten Sukabumi, Nuryamin dengan menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini,mudah-mudahan tidak sebatas keluaran out put nya saja , tetapi out come nya dapat bermanfaat terhadap peningkatan wawasan kepala desa dan perangkat desa dalam melaksanakan kebijakan amanah UU desa itu sendiri  

" Bimtek ini menurut kami penting karena didalamnya banyak muatan materi pembahasan dari berbagai narasumber salah satunya pendalaman tugas pokok fungsi kepala desa dan perangkat desa dalam mewujudkan desa bebas korupsi, transparan, akuntabel, pastisipatif, tertib dan profesional." Ucapnya.

Nuryamin menambahkan Sebagaimana ungkapan Pak Sekda ,kegiatan ini selain ajang silaturahmi ditekankan dapat menciptakan kolaborasi dalam menggali potensi sesama antar desa . 

Tentunya yang paling penting seluruh peserta dapat mereferensikan hasil bimtek ini agar dapat sepenuhnya diimplementasikan dalam menjalankan roda pemerintahan desa demi kesejahteraan masyarakat desa

"Manfaatkan dana desa yang bergulir secara baik diiringi ketaatan terhadap azas regulasi administrasi, karena kadang pelaksanaan yang baik, bila tidak dibarengi administrasi yang baik, maka akan kurang baik akhirnya. Apalagi konsep yang dilaksanakan hari ini bagus ,peserta tidak hanya kepala desa ,namun ada sekdes, bendahara dan kaur perencanaan, " Tandas Nuryamin.



Dalam kesepakatan tersebut Sekda menyematkan tanda Peserta secara simbolis kepada dua orang peserta   dan menerima untuk menyalurkan kembali bantuan sumbangan untuk  Palestina dari para peserta bintek.

Prima

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved