Jumat, 26 Januari 2024

315 KPPS Resmi dilantik PPS Desa Pasirhalang

315 KPPS Resmi dilantik PPS Desa Pasirhalang



Sukabumi
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap Kelurahan /Desa Se Indonesia secara serentak melakukan Pelantikan dan Bimtek KPPS tahun 2024.

Seperti halnya PPS Desa Pasirhalang yang melantik sekaligus memberikan Bimbingan Teknis ( Bimtek ) kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di wilayah Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Kamis (25/01/24).

Sebanyak 315 orang anggota KPPS dari 45 Tempat Pemilihan Suara (TPS ) yang tersebar di wilayah Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja hadir dalam acara Pelantikan dan Bimtek yang diselenggarakan PPS Desa Pasirhalang yang berlangsung di Sekolah Dasar (SD) 1 Pasirhalang Sukaraja dan dihadiri Sekertaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, Forkopimcam Sukaraja, Kades Pasirhalang, Ketua PPK Sukaraja, Ketua Panwaslucam Sukaraja dan tamu undangan lainnya.

Ketua PPS Desa Pasirhalang sekaligus Panitia Penyelenggara Kegiatan. Ajeung Wulan Dari mengatakan Kegiatan Pelantikan dan Bimtek ini pelaksanaannya menjadi dua sesi.

" Karena melihat kondisi lokasi tempat kurang memadai akibat banyaknya Peserta KPPS. Makanya kegiatan tersebut kami di buat menjadi dua sesi. Sesi Pertama TPS 1 sampai TPS 23 di mulai dari jam 8 pagi sampai jam 12 WIB. Disambung Sesi kedua TPS 23 sampai 45 dari mulai jam 1 sampai 17.00 wib." Kata Ajeung.

Ajeung berharap setelah Pelantikan dan juga adanya Bimtek tersebut seluruh anggota KPPS di wilayah desa pasirhalang bisa menjalankan tugas sesuai peraturan undang-undang.

" Alhamdulillah hari ini cuacanya mendukung cerah sekali, makanya kegiatan pelantikan dan Bimtek KPPS ini berjalan lancar dan kondusif." Mudah mudahan apa yang disampaikan kan para Nara sumber itu para anggota KPPS bisa mengaplikasikannya dilapangan sesuai Prosudur." Ucapnya.


Lebihlanjut, Ajeung juga mengajak kepada anggota KPPS. Untuk bekerja dengan baik, jangan terbawa arus yang aneh aneh dan harus netral sesuai dengan aturan.

" Saya berharap seluruh anggota KPPS di desa pasirhalang jelang Pemilu 2024 ini. Pada sehat sehat sampai hari H. Di samping itu jaga kesehatan supaya diberikan kelancaran." Tuturnya.

Untuk logistik sendiri. Kata Ajeung Kecamatan Sukaraja Aman. Karena kita dekat dengan Gudang logistik KPU Kabupaten Sukabumi.

" Makanya pendistribusian logistiknya akan dilaksanakan pada H-3 didistribusikannya untuk Kecamatan Sukaraja oleh KPU. Kabupaten Sukabumi.

" Mungkin Kecamatan Sukaraja paling dekat dengan Gudang logistik jadi diutamakan dulu kecamatan kecamatan yang jauh dulu." Intinya aman." Jelasnya

Ditempat yang sama Sekertaris KPU Kabupaten Sukabumi. Irman Noviandi mengatakan melalui bimtek tersebut KPPS dapat pengetahuan dan memahami tugas dan fungsinya.

"Kegiatan ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Pasal 51 sampai Pasal 58 yang mengatur tugas fungsi anggota PPD dan PKPU Nomor 25 Tahun 2023," katanya.


Mereka KPPS perlu memahami saat bertugas di tempat pemungutan suara (TPS). Mulai dari persiapan TPS sampai dengan akhir rekapan di TPS," terangnya.

Sementara itu Kepala Desa Pasirhalang. RM. Yusup Poernama menyampaikan "KPPS harus mampu bekerja profesional dan netral dalam melaksanakan tugasnya. KPPS juga harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu.

" Saya mengingatkan kepada KPPS untuk selalu berkoordinasi dengan PPS, PPK dan Pemerintah Desa Pasirhalang. Selain itu, KPPS juga harus mengikuti semua peraturan perundang-undangan yang berlaku.

" Intinya harus siap untuk menjalankan tugasnya dengan baik, profesional dan bertanggung jawab.' Tandasnya.

Prima RK

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved