Minggu, 28 Januari 2024

Dalam Rangka Bintek KKPS Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu Pemilu Serentak 2024

Dalam Rangka Bintek KKPS Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu  Pemilu Serentak 2024



 Sukabumi, Setelah sebelumnya Ketua PPS Desa Jayanti melantik anggota KPPS, maka sesuai arahan dari KPU Kabupaten Sukabumi setelah pelantikan dilanjutkan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi anggota KPPS. Acara tersebut dilaksanakan selama 2 hari di Aula Desa jayanti  Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/01/2024) sampai Minggu (28/01/2024).

Apa Itu Bimtek (Bimbingan Teknis) KPPS?

Menurut Keputusan Sekretaris Jenderal KPU sebagaimana dilansir situs resmi KPU, bimbingan teknis atau disebut bimtek adalah suatu kegiatan di mana para peserta diberi pelatihan-pelatihan yang bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi peserta yang di mana materi yang diberikan sesuai dengan tema bimtek tersebut.

Tujuan bimbingan teknis atau bimtek adalah sebagai penyampaian informasi dan pengetahuan substansi dan teknis kepemiluan, melatih dan mendalami keterampilan teknis kepemiluan. Sehingga terbentuk kemampuan dan penguasaan secara keseluruhan manajemen Pemilu.

Menurut KPU, pelaksanaan bimtek atau bimbingan teknis sangat berpengaruh terhadap kinerja penyelenggara Pemilu apabila dilakukan dengan terencana dan seksama. Serta direncanakan dengan baik menyangkut fasilitator/tutor, metodologi, kurikulum, dan desain bimtek itu sendiri.

Ketua PPS Desa Jayanti Ujang Usman Fassa Hamidi menyampaikan, untuk kegiatan hari ini adalah Bimtek untuk anggota KPPS Des Jayanti dan dibuat 3 sesion. Bimtek yang pertama 8 TPS, dimulai dari jam 13.00 Wib sampai jam 16.00 Wib, Sabtu (27/01/2024). Untuk Sesion yang kedua itu dilaksanakan pada hari Minggu (28/01/2024) jam 08.00 Wib sampai 12.00 Wib dan Sesion yang ke tiga dimulai pada jam 13.00 Wib sampai jam 16.00 Wib.

"Jadi supaya efektif dibuat 3 sesion, karena kalau dibuat 2 sesion ruangan nya tidak memadai," terang Ujang.

Untuk pembahasan Bimtek kali ini, Ujang pun memaparkan adalah teknis dan tentang penghitungan suara serta teknis-teknis dilapangan.

"Kebetulan kami kedatangan PKD dari Desa Jayanti dan Pengawas TPS untuk Pengawas TPS 1 , 2 dan 3. Supaya nanti mensinergikan dilapangan," jelasnya.

Ujang pun berharap Pemilu 2024 secara khususnya di Desa Jayanti, umumnya semuanya bisa terselenggara sesuai dengan aturan yang ada dan tanpa kesalahan, sukses tanpa ekses.

"Saya pun berpesan kepada anggota KPPS agar menjaga netralitas, jaga kesehatan, jaga mental, agar dalam waktunya kita bisa bekerja optimal dan bisa menghasilkan harapan yang lebih baik untuk penyelenggaran pemilu yang jujur, adil dan lainnya," ungkap Ujang.


Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Desa Jayanti Kang Sunenda mengatakan, alhamdulilah Bimtek hari ini bisa berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan.

"Karena kan tugas kami sebagai PKD di tiap TPS mengawal jalannya pemilu 2024, adalah salah satunya yaitu Bimtek hari ini," ujarnya.

Kang Sunenda pun menyampaikan, alhamdulilah kami juga sering berkordinasi dengan pak Ketua PPS dan untuk Jayanti selama ini tidak ada kendala teknis, seperti kegiatan hari ini. Tidak ada temuan-temuan yang melanggar dan sudah sesuai prosedur.

"Kami berharap mudah-mudahan kegiatan ini juga sukses dan nanti pada tahapan-tahapannya sesuai dengan yang kita harapkan," pungkasnya.

Ateu Ellah

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved