Kamis, 08 Februari 2024

PANWAS KECAMATAN CIBADAK GELAR BIMTEK PENGAWASAN DAN PERHITUNGAN SUARA KPPS

PANWAS KECAMATAN CIBADAK GELAR BIMTEK PENGAWASAN DAN PERHITUNGAN SUARA KPPS

 


Sukabumi :Sebanyak 348 pengawas tempat pemungutan suara (P-TPS) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemilu Serentak 2024 yang berlangsung selama satu hari.

Menurut Ketua Panwas Tantan, Bimtek yang digelar di Bukit Nagrak kecamatan Cibadak menekankan pada pengawasan terhadap mekanisme pemungutan dan penghitungan suara yang dilaksanakan oleh KPPS.

Pengawasan pungut hitung suara di TPS meliputi persiapan dan pelaksanaan proses pemungutan suara . Misalnya, pengawasan terhadap alat kelengkapan logistik di TPS atau rekapitulasi jumlah suara yang sah dan tidak sah,atau yang lainnya. Kamis (8/2/2024)

“Kalau ada hal-hal yang tidak sesuai dengan mekanisme prosedur pemungutan, maka pengawas akan memberikan saran masukan. Namun jika saran itu tidak direspon, maka akan kita tulis sebagai temuan,” terangnya. 

Selain itu, pengawasan yang melekat kepada Pengawas TPS yakni mengawal pergeseran logistik, untuk memastikan apakah logistik sudah sampai pada H-1 Pemilu. Selain itu, kampanye di hari tenang juga menjadi fokus pengawasan.



“Termasuk juga memastikan bahwa pemilih sudah menerima undangan untuk memberikan hak pilihnya,” ujar Tantan . 

Pengawas harus memastikan bahwa semua yang berkaitan dengan pemungutan suara, seluruh tata cara, prosedur, harus dipastikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Jenis pemilih mulai dari daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih tambahan (DPTB), dan daftar pemilih khusus (DPK), harus dipahami oleh pengawas TPS,” bebernya.

Bagi pemilih yang belum terdaftar dalam DPT, maka mereka diakomodir sebagai pemilih tambahan atau DPTB dan daftar pemilih khusus atau DPK. pungkasnya.


By : Dicky

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved