Minggu, 11 Februari 2024

Panwaslucam Kebonpedes Bimtek 97 Anggota PTPS SeKecamatan Kebonpedes. Ini Kata Panwascam Kebonpedes.

Panwaslucam Kebonpedes Bimtek 97 Anggota PTPS SeKecamatan Kebonpedes. Ini Kata Panwascam Kebonpedes.




Sukabumi
Dalam rangka memberikan Edukasi tentang teknik Pengawasan pada Pemilu 2024. Panwaslucam Kebonpedes menggelar Bimbingan Teknis ( Bimtek) Kepada Petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Kebonpedes. Di SDN Pamoyanan tepatnya di Kampung Pamoyanan Peuntas Desa/ Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi. Sabtu ( 10/02/24).

Kegiatan tersebut dihadiri Forkopimcam Kebonpedes, Panwaslucam, PPK Kecamatan Kebonpedes dan 97 anggota PTPS SeKecamatan Kebonpedes.

Ketua Panwaslucam Kebonpedes Dedi Juaedi mengatakan Bimtek ini diikuti sebanyak 97 Anggota PTPS dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para pengawas PTPS dalam menjalankan tugas dengan baik dan profesional.

" Mereka diberikan pemahaman tentang prosedur pemungutan suara, penghitungan suara, serta tindakan yang harus dilakukan dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi di tempat pemungutan suara." Kata Dedi 


Dijelaskan, Dedi  dalam kegiatan tersebut para peserta juga diberikan penjelasan mengenai teknis pengawasan, metode pengawasan serta peran dan tanggung jawab pengawas PTPS dalam menjaga integritas dan keamanan proses pemilihan umum. 

' Mereka diajarkan tentang pentingnya netralitas, keadilan, dan transparansi dalam melaksanakan tugas mereka." Jelasnya.

Adapun masalah kendala menurut, Dedi di sisi teknis pengawasan PTPS belum ada yang signifikan tetapi hari ini lebih kepada PTPS itu dibekali dengan Siwaslu aplikasi 

Aplikasi Siwaslu ini merupakan wujud kesungguhan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dalam meningkatkan efektivitas pengawasan Pemilu. Sebagai PTPS yang akan bertugas pada 14 Februari 2024 mendatang.


"Jadi PTPS itu sudah harus memahami Siwaslu, selain mengawasi kemudian membuat laporan secara had copy  juga itu harus diaplod ke aplikasi Siwaslu." Terangnya

" Nah adapun mungkin nanti bisa dikatakan sedikit kendala itu ada beberapa log-innya belum bisa dibuka servernya juga tapi utamanya tadi utamanya bukan Siwaslunya tapi lebih kepada pisiknya dalam pengawasan." Ungkapnya.

Dedi menambahkan Bimbingan Teknis ini sangatlah Penting sekali dengan adanya Bimtek tersebut PTPS akan lebih meningkat kompetensi dalam pengawasan. 

" Karena tadi seorang pengawas tentunya harus punya strategi strategi khusus ketika mengawasi di TPS sekalipun tidak berbicara teknis justru PTPS itu harus menguasai teknis sehingga mengetahui objeg pengawasannya dimana." Pungkasnya.

Prima RK

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved