Jumat, 17 Mei 2024

*Bukti Kepecayaan Warga Papua, Satgas Yonif 310/KK Diundang Pada Acara Doa Dan Musyawarah Adat Suku Pasebo*

*Bukti Kepecayaan Warga Papua, Satgas Yonif 310/KK Diundang Pada Acara Doa Dan Musyawarah Adat Suku Pasebo*




Keerom ~ Duduk, dekat dan dapat berkomunikasi dengan baik bersama seluruh masyarakat Suku Pasebo merupakan sebuah kehormatan, Pos Kalipao Satgas Yonif 310/KK diundang dalam acara Doa dan Musyawarah Adat Suku Pasebo di Kampung Yuwainda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (16/5/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, bahwa kehadiran personil Satgas yang dipimpin oleh Danpos (Komandan Pos) Serma Ahmad Mu'minin beserta delapan orang anggotanya dalam acara tersebut untuk turut serta dalam membahas permasalahan-permasalah yang ada dan mencari solusi terbaik demi kemajuan kampung kedepannya.

"Ini sebagai bukti bahwa masyarakat menaruh kepercayaan dan menganggap kebedaraan personil Satgas merupakan bagian dari keluarga mereka (warga) serta ini juga membuktikan bahwa pembinaan teritorial yang dilakukan dapat berjalan dan diterima dengan baik disana," terang Dansatgas.



Lanjut dikatakan, musyawarah adat ini bertempat di halaman Gereja Santo Petrus dan dihadiri oleh masyarakat dari tiga suku yang berada di Kampung Yuwainda diantara Suku Pasebo, Suku Muwinda dan Suku Tuwo. 

Dalam musyawarah adat tersebut dibahas juga tentang aturan mengambil hasil hutan atau buruan hanya boleh menggunakan jerat demi kelestarian alam sekitar. Hasil sungai tangkapan ikan pun hanya boleh mengunakan jaring atau pancing dan tidak diperbolehkan penggunaan racun yang nantinya akan membuat air menjadi tercemar.

Musyawarah adat ini dipimpin oleh Kepala Suku Pasebo didampingi Kepala Suku Muwinda dan Kepala Suku Tuwo. Diakhir kegiatan ditutup dengan makan pinang dan doa bersama, lebih kurang 100 warga yang hadir, baik warga asli kampung Yuwainda dan warga pendatang. 

Disisi lain, Pamanfred Pasebo (52) selaku Kepala Suku mengucapakn terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK yang sudah hadir dan turut mengamanankan jalannya musyawarah adat sehingga dapat terlaksana dengan aman dan lancar.

"Bapak-bapak TNI sudah kami anggap sebagai keluarga dan juga sebagai warga kehormatan bagi Suku Pasebo. Terima kasih sudah banyak membantu kami dalam segala hal," tutur Pamanfred.


Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved