Sabtu, 25 Mei 2024

*Generasi Muda Harus Sadar Pentingnya Bela Negara, Ini Yang Dilakukan Satgas Yonif 310/KK*

*Generasi Muda Harus Sadar Pentingnya Bela Negara, Ini Yang Dilakukan Satgas Yonif 310/KK*




Keerom ~ Dalam rangka meningkatkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air di wilayah perbatasan, Pos Yuruf Satgas Yonif 310/KK berikan materi Pendidikan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa-siswi SMPN 2 Web di Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (24/5/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, pendidikan bela negara kepada anak muda saat ini sangat penting untuk diterapkan dan generasi penerus bangsa sudah selayaknya harus sadar akan kewajiban bela negara untuk mempertahankan keutuhan NKRI.

"Manfaat dari bela negara dan wawasan kebangsaan tersebut adalah untuk menanamkan rasa kecintaan pada bangsa serta patriotisme, membentuk sikap disiplin, membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas sesama teman," terang Dansatgas.

Menurut Letkol Inf Andrik Fachrizal, pembekalan materi wawasan kebangsaan dan bela negara ini agar para siswa-siswi lebih memahami arti wawasan serta bela negara, serta dapat meningkatkan motivasi dalam belajar serta pengetahuan tentang sejarah, diantaranya pengetahuan sejarah bagaimana cara hidup berbhineka tunggal ika dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.



Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dipimpin oleh Danpos (Komandan Pos) Yuruf Letda Inf Agus Waluyo dan diikuti sejumlah 30 orang siswa-siswi yang terdiri dari siswa siswi kelas 7 dan 8. Materi yang diberikan meliputi sejarah kejayaan Indonesia di masa lalu, posisi geografis dan kekayaan Indonesia, serta materi wawasan kebangsaan yang meliputi 4 (empat) pilar kebangsaan.

"Selain memberikan wasbang, personil Satgas juga memberikan motivasi agar para siswa-siswi kelak menjadi generasi penerus bangsa yang membanggakan. Tak lupa kami pun berpesan supaya siswa-siswi dapat menjaga pergaulannya dengn baik, sehingga tidak terjerumus dalam hal-hal negatif," tambah Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 2 Web, Melky Pull, S.Pd., mengungkapkan rasa terima kasih kepada personel Pos Yuruf yang telah memberikan pengetahuan untuk anak didiknya.

“Kami sangat berterima kasih dan juga bangga akan kehadiran Satgas Pamtas di sekolah kami untuk memberikan ilmu yang sangat bermanfaat bagi anak didik kami. Terutama ilmu tentang bela negara yang sangat bermanfaat bagi generasi muda agar tetap memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, ” tutur Melky.


Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved