Minggu, 12 Mei 2024

*Jembatan Rusak Membahayakan Warga, Satgas Yonif 310/KK Tidak Tinggal Diam*

*Jembatan Rusak Membahayakan Warga, Satgas Yonif 310/KK Tidak Tinggal Diam*




Keerom ~ Wujud nyata kepedulian TNI kepada masyarakat ditunjukkan oleh personel Satgas Yonif 310/KK Pos Somografi bersama masyarakat memperbaiki jembatan yang sudah rusak yang dapat membahayakan bagi warga yang melintas di Kampung Somografi, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu (11/5/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, bahwa jembatan tersebut merupakan akses utama bagi masyarakat khususnya warga Kampung Somografi dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti pergi ke ladang maupun akses anak-anak menuju sekolah.

"Kondisi jembatan ini mengkhawatirkan, kerusakan tersebut disebabkan oleh kondisi kayu yang sudah rapuh dan patah, sehingga menyebabkan bagian atas jembatan tergerus dan pondasi jembatan menjadi lapuk," terang Dansatgas.

Dalam pelaksanaannya, Danpos (Komandan Pos) Letda Inf Entis Sutisna beserta personil Satgas dan warga sekitar, secara bergotong rotong memperbaiki jembatan dimulai dengan pembersihan jembatan dari puing-puing kayu yang sudah lapuk, selanjutnya dilakukan perbaikan sesuai dengan kerusakan yang ada. Setelah 3 jam dilakukan perbaikan, jembatan berhasil diperbaiki dan dapat digunakan kembali.



Lanjut diungkapkan Dansatgas, gotong royong yang dilakukan menggambarkan upaya sukarela masyarakat dalam melakukan pekerjaan  bersama demi kepentingan umum, seperti membersihkan lingkungan, memperbaiki infrastruktur atau mendukung kegiatan sosial. Kegiatan ini tidak hanya memiliki nilai-nilai sosial dan budaya yang dalam, tetapi juga memiliki dampak positif  yang signifikan terhadap perkembangan komunitas dan negara. 

"Gotong royong bukan hanya sekedar aktivitas fisik, tetapi juga mencerminkan adanya persatuan dan kesatuan warga, salah satunya yaitu belajar menempatkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi," tambah Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Disisi lain, Philipus Pallop (54) selaku Kepala Kampung yang turut hadir mengucapkan terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK.

"Saya sangat berterimakasih kepada Pos Somografi yang sudah peduli lingkungan tempat kami tinggal serta mengajak warga untuk untuk bergotong royong perbaiki jembatan ini sehingga aman untuk dilewati warga dalam melakukan aktifitas sehari-hari," tutur Philipus.


Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved