Senin, 06 Mei 2024

Ketua Lsm GMBI Ksm Jatiluhur Angkat Bicara Terkait BLT Desa Kembangkuning kecamatan Jatiluhur Purwakarta

Ketua Lsm GMBI Ksm Jatiluhur Angkat Bicara Terkait BLT Desa Kembangkuning kecamatan Jatiluhur Purwakarta

Purwakarta//Infonews.com
Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) merupakan inisiatif pemerintah yang diperkenalkan pada tahun 2024. Program ini kembali diluncurkan dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi oleh penerima, jumlah yang akan diberikan, serta sanksi bagi yang melanggar aturan.

Ada beberapa kriteria penerima BLT-DD tahun 2024
Calon penerima BLT-Dana Desa adalah keluarga miskin baik yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun yang tidak terdata (exclusion error).
Mengalami kehilangan mata pencaharian
Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis dan/atau difabel
Tidak mendapatkan bantuan sosial program keluarga harapan;
Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia, atau penyandang disabilitas.

Salim Abdul rhomansyah sebagai ketua GMBI ksm Jatiluhur kecewa dengan aparatur desa yang tidak mempunyai etika terhadap warga yang mendapatkan bantuan, yang seharusnya sebagai pekerja aparatur desa harus bisa melayani masyarakat yang baik dan beretika. "Ujarnya" (Minggu,5 mei 2024)

Tidak menunggu lama Salim Abdul rhomansyah mengkonfirmasi keluhan tersebut ke kepala desa H wahyu "ibu iin itu sebagai team pembagian dana BLT-DD, masyarakat yang mendapatkan hanya 43 orang, namun saya menegaskan tolong masyarakat yang sakit yang sudah rentan usia di utamakan. 

Dengan hari yang sama Salah satu awak media mengkonfirmasi terhadap Bu nengsih selaku anak dari M Rohman yang mendapatkan bantuan BLT-DD dirinya pada hari Jumat 03 Mei 2024 mendapatkan informasi dari RT setempat bahwa pak M Rohman mendapatkan dana bantuan BLT-DD. Setelah saya ke desa dan menunggu lama ketika d pertanyaan pihak desa ibu iin menjawab dengan nada yang tinggi dengan memakai bahasa Sunda. Meni hayang menang wae atuh Bu. Yang artinya "ingin sajah mendapatkan terus bu" nanti sajah setelah juma'tan uang nya di ambil. Setelah selesai sholat juma't uang yang sudah di janjikan mau di kasih, tidak jadi karna salah mendata oleh pihak desa."Katanya".

Salim Abdul rhomansyah selaku ketua GMBI ksm Jatiluhur menjelaskan terkait pembagian dana BLT-DD yang tidak singkron dengan data yang sudah di tetapkan oleh desa, M Rohman sebagai warga RT 03 RW 02 Berbeda nik KTP dan nama, karena yang bernama M Rohman hanya ada satu di RT tersebut.

Dan menegaskan saya selaku ketua Lsm GMBI Ksm Jatiluhur Distrik Purwakarta, akan terus monitor kinerja aparatur desa kembangkuning yang tidak memakai etika, sehingga menjadi dampak terhadap masyarakat kecil, di minta kepada kepala desa tindak tegas dalam menyikapi kinerja pekerja desanya yg tidak beretika terhadap masyarakat 

Di minta pihak inspektorat kabupaten Purwakarta terkait data BLT-DD Desa Kembangkuning kecamatan Jatiluhur Purwakarta yang nantinya di buatkan laporan SPJ, periksa dengan teliti, sehingga di duga laporan tersebut asal asalan.

(Red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved