Sabtu, 11 Mei 2024

Paguyuban UMKM Pasirhalang Gelar Rakor. Ini Kata Kasi PMD Kecamatan Sukaraja Dan Kades Pasirhalang

Paguyuban UMKM Pasirhalang Gelar Rakor. Ini Kata Kasi PMD Kecamatan Sukaraja Dan Kades Pasirhalang




Sukabumi
Sebanyak 45 Pelaku Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Pasirhalang bersama Pemerintah Desa Pasirhalang menggelar Rapat Kerja ( Raker) bulanan terkait rencana Pengembangan para pelaku usaha UMKM di Pasirhalang. Bertempat di Taman Herbal Bejo Desa Pasirhalang. Jumat (10/05/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasi PMD Kasi Kecamatan Sukaraja. Nina Nuryani, Kades Pasirhalang RM. Yusup Poernama, Ketua BPD Pasirhalang, Ketua Paguyuban UMKM dan Ketua PKK Desa Pasirhalang.

Kades Pasirhalang, RM. Yusup Poernama mengatakan, Kegiatan Rakor ini, rutin dilakukan para pelaku usaha yang tergabung dalam Paguyuban UMKM Pasirhalang.

" Alhamdulillah, kita sesuai dengan visi, misi dan rencana Pemerintah desa. Kita sudah membuat fasilitas fasilitas yang bisa di manfaatkan yang pertama adanya beberapa kios yang sudah kita bangun serta adanya fasilitas taman herbal bejo yang nantinya akan di manfaatkan oleh para pelaku UMKM di Pasirhalang." kata Yusup kepada awak media. Jumat (10/05).

Menurut, RM. Yusup menerangkan para pelaku UMKM yang tercatat di desa Pasirhalang ada 60 kelompok UMKM dan yang aktif ada 45 kelompok.

" Mereka tadi hadir dalam acara rakor tersebut, Karena kegiatan UMKM ini sudah menjadi bagaian yang mereka sering dilakukan kesehariannya.Oleh sebab Pemdes hadir dalam rangka memfasilitasi mereka agar usahanya bisa berkembang dan maju." terangnya. 

Adapun masalah kendala para pelaku UMKM ini, kata Yusup lebih kepada pemasaran,  kalau bicara permodalan, pperalatan dan pengetahuan. Pemdes sudah memfasilitasi para pelaku UMKM dengan melakukan beberapa kali pelatihan dan sebagainya. 

" Kalau soal peralatan saya kira karena ini lebih kepada home industri perumahan.  Ya, tidak terlalu sulit. Untuk permodalannya sendiri juga kita melihat dari kegiatan usahanya,  

"Justru yang menjadi persoalan pokoknya hari ini adalah pemasaran. Makanya tadi saya sampaikan ada fasilitas yang sengaja kami bangun untuk para pelaku UMKM tersebut." Ucapnya


Menurut, RM. Yusup mengaku para pelaku UMKM di Pasirhalang dengan pemerintah kecamatan Sukaraja sinergitas nya cukup baik terlihat dari banyaknya kegiatan kegiatan yang dilakukan pemerintah kecamatan melalui kasi PMD yang sering  memberikan bimbingan dan arahan kepada para pelaku usaha.

" Saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kecamatan sukaraja yang telah mensupport para pelaku UMKM dengan arahan dan bimbingannya termasuk dengan membentuk berbagai kelompok UMKM di sejumlah desa yang tergabung dalam Paguyuban UMKM kecamatan Sukaraja. " Ujarnya

Dijelaskan, RM. Yusup Ini salahsatu bentuk tugas Pemerintah Kecamatan untuk mengupayakan agar para UMKM di kecamatan sukaraja bisa berkembang, diantara melakukan bekerjasama dengan sejumlah pemilik objek wisata yang ada di wilayah kecamatan sukaraja seperti Detani dan goalpara tea park. 

" Hari ini UMKM sudah menjadi bagian komitmen Pemcam Sukaraja dalam memajukan para pelaku UMKM sendiri. Begitu pula dengan Pemdes Pasirhalang yang melakukan inovasi melalui sistem digitalisasi melalui program Market ples bagi para pelaku UMKM. 

" Mudah mudahan dengan  segala fasilitas yang ada, para pelaku UMKM kita ini akan lebih maju dan lebih baik." tuturnya. 

Ditempat yang sama Camat Sukaraja yang diwakili Kasi PMD Kasi Kecamatan Sukaraja. Nina  Nuryani sangat mengapresiasi dengan kegiatan rakor yang dilakukan Paguyuban UMKM Pasirhalang. 

" Saya bangga dengan pemdes Pasirhalang dan ketua UMKM Pasirhalang yang sangat luarbiasa dalam mendorong para pelaku UMKM. 


"Saya akan selalu memberikan bimbingan dan arahan kepada pelaku UMKM dalam memberikan motivasi seperti program kerjasama , Permodalan dan juga peralatan dalam menunjang kegiatan para pelaku UMKM di Pasirhalang tersebut." kata Nina kepada sukabuminews yang sekaligus sebagai pembina UMKM kecamatan sukaraja. Jumat (10/05/24). 

Lebih lanjut, Nina menjelaskan ada tahapan tahapan bagaimana cara kita mendapatkan bantuan permodalan dan alat alat dari Pemerintah sesuai dengan
Program kerja. 

" Jadi saya disini salahsatunya ingin mendongkrak lapangan kerja,kedua ingin mengangkat perekonomian khususnya di desa Pasirhalang umumnya untuk masyarakat kecamatan sukaraja. Intinya Saya siap mengawal para pelaku UMKM ini. " bebernya

Menurut, Nina mengatakan Para pelaku UMKM Pasirhalang ini sangat luarbiasa. 

" Saya sudah mencicipi semua hasil prodak para pelaku UMKM ini . Karena saya ingin kurasi simple. " terangnya

Nina pun berjanji kepada para pelaku UMKM Pasirhalang yang belum memiliki legalitasnya akan dibantunya

" Nanti kita akan bantu untuk legalitasnya dalam mengurus Perijinan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) bagi para pelaku UMKM di wilayah Kecamatan Sukaraja secara GRATIS tidak bayar. 

Nina menambahkan Sekarang ini untuk para pelaku UMKM lagi dimanja oleh Pemerintah,

"Nanti mah ,  dinas dinas terkait akan memburu kita para pelaku UMKM. " tandasnya.

Usai kegiatan Raker tersebut kasi PMD Kecamatan sukaraja bersama Paguyuban UMKM Pasirhalang melakukan survai Gedung BUMDes yang akan dijadikan Grai UMKM Desa Pasirhalang yang berlokasi di Jalur Sukaraja.


Prima RK

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved