Minggu, 09 Juni 2024

Duta Baca Resmi Di Pilih H Yana " Dorong Peningkatkan Pembudayaan Kegemaran Membaca Di Masyarakat

Duta Baca Resmi Di Pilih H Yana " Dorong Peningkatkan Pembudayaan Kegemaran Membaca Di Masyarakat



Sukabumi - Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Lomba Pemilihan Duta Baca Kabupaten Sukabumi di tahun 2024 ini. Sebanyak 64 orang peserta dari 27 Kecamatan mengikuti masa pra karantina yang dilakukan secara daring mulai tanggal 3-5 Juni 2024, dan karantina di Hotel Sukabumi Indah, Kecamatan sukabumi tanggal 6-7 Juni 2024. 

Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi, H. Yana Chefiana, mengatakan bahwa kegiatan lomba pemilihan Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2024 ini merupakan salah satu ikhtiar Diarpus dalam meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca di masyarakat. 

“Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, bahwa perpustakaan harus bersinergi dengan berbagai pihak dalam pembudayaan kegemaran membaca, dan salah satunya adalah dengan para Duta Baca”, ujarnya.


Para peserta menerima berbagai materi, wawasan dan pengetahuan dalam berbagai hal seperti penyusunan karya tulis ilmiah, mendongeng, personal branding, dan pembuatan konten yang menarik. Selain itu mereka juga mengikuti berbagai tahapan penilaian dari para Dewan Juri, mulai dari presentasi, wawancara serta unjuk kabisa.

Kegiatan Pemilihan Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2024 ditutup oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, Hj. Aisah, S.E.Ak., M.Sc., dengan menyampaikan harapan besar kepada para seluruh Duta Baca 2024 untuk tetap semangat dan terus berkolaborasi dengan Diarpus.

“Kami berharap Duta Baca menjadi perpanjangan tangan Diarpus dan menjadi agent of change dalam mengkampanyekan dan mensosialisasikan pentingnya pembudayaan kegemaran membaca, baik di keluarga, sekolah, perguruan tinggi maupun di desa/kecamatan masing-masing”, imbuh Aisah. 
Berdasarkan informasi yang dihimpun, berikut adalah juara Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2024. 



Juara 1 putra : M. Faisal (Kecamatan Sukaraja)
Juara 1 putri : Annisa Siti Farikha Ramlan (Kecamatan Cisolok)
Juara 2 putra : Kitman Arianto (Kecamatan Cibadak)
Juara 2 putri : Mira Nurmaulidya (Kecamatan Gunungguruh)
Juara 3 putra : M. Ariel Nurfadli (Kecamatan Cikakak)
Juara 3 putri : Sabrina Nuralisa (Kecamatan Cibadak) 
Juara Harapan 1 putra : Muhammad Maliq (Kecamatan Gunungguruh)
Juara Harapan 1 putri : Harindi Hasnawa (Kecamatan Cikembar)
Juara Harapan 2 putra : Muhammad Dani (Kecamatan Nyalindung)
Juara Harapan 2 putri : Tazkia Mutmainnah (Kecamatan Ciracap)

Para pemenang mendapatkan hadiah berupa uang, sertifikat, selempang, dan berbagai doorprize menarik dari sponsor, diantaranya Universitas Muhammadiyah Sukabumi, PT. Semen Indonesia (SCG), Primaya Hospital, PT. Erlangga, Pegadaian Syariah, Bank Muamalat, Pt. Yakult Indonesia Persada, PT. Indolakto, PT. Aqua, PT. Amerta Indah Otsuka, serta Gramedia. 

Selain itu ada beasiswa kuliah di kelas internasional Universitas Nusa Putra yang diberikan kepada 3 orang terbaik dari tingkat SMA yaitu M. Faisal, M. Ariel, dan Nazwa Yulistia.
“Kami menyampaikan terima kasih kepada panitia internal Dinas maupun Paguyuban Duta Baca serta kepada seluruh sponsor yang telah mendukkung dan berkolaborasi dengan Diarpus sehingga kegiatan Pemilihan Duta Baca Kabupaten Sukabumi tahun 2024 berjalan dengan baik dan sukses”, ungkap Yana kepada media.

Jay

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved