Minggu, 07 Juli 2024

Meriahkan 1 Muharam 1446 H, Kades Lebaksari: Bukti Wujud Syukur Menyambut Tahun Baru Islam

Meriahkan 1 Muharam 1446 H, Kades Lebaksari: Bukti Wujud Syukur Menyambut Tahun Baru Islam





SUKABUMI - Iring-iringan Pawai Ta’aruf menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H/2024 M, yang mengambil rute pada sejumlah jalan Raya Parakansalak hingga lokasi utama di lapang bola Walagri Desa/Kecamatan Parakansalak berlangsung meriah.

Pawai yang dikuti peserta dari berbagai elemen yang berada di Kecamatan Parakansalak mulai dari Kepala Desa se-Kecamatan Parakansalak dan warga riuh memeriahkan acara pawai ta'aruf, Minggu (7/7/2024).

Menurut Tedi Sugiri Kepala Desa Lebaksari Kecamatan Parakansalak pawai Ta’aruf ini menyambut Tahun Baru Islam dan menjadi momentum untuk membangkitkan kembali semangat meraih takwa dan akhlak mulia.



"Ini adalah bentuk mempererat tali silaturahmi antar warga tentunya menjadi momentum ukhuwah islamiah sesama dalam memperingati hari pertama di bulan Muharram," ungkap Tedi.

Ia menambahkan, sudah menjadi tradisi bagi umat muslim, bahwa salah satu moment penting di bulan Muharram adalah merayakan Tahun Baru Islam. Begitu juga yang dilakukan Pemdes Lebaksari yang turut memeriahkan tahun baru Islam.

"Tentunya saya sebagai Kepala Desa mengajak seluruh umat Islam untuk terus membangun kepedulian, serta memperkuat tali silaturahmi serta persaudaraan dalam kerukunan," terangnya.

Berbagai macam rangkaian kegiatan dalam menyambut Tahun Baru Islam, telah dilaksanakan. Seperti halnya tadi malam kita telah melaksanakan kegiatan pawai obor dilakukan dengan keliling sampai ke tempat acara utama untuk merayakan 1 Muharram atau Tahun Baru Hijriah. 



"Alhamdulillah, pada saat pawai obor malam tadi, terdengar sholawat dan pujian kepada Rasulullah SAW dari masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut," tambahnya.

Lanjut Tedi, makna tradisi pawai obor 1 Muharram bukan bermaksud syirik apalagi memberi nilai lebih untuk mendewakan suatu perayaan. Kegiatan pawai obor 1 Muharram dalam rangka Tahun Baru Hijriah merupakan bentuk siar menyambut tahun baru, supaya Tahun Baru Islam ini tidak kalah menariknya dengan Tahun Baru masehi.

"Sholawat dan pujian kepada Allah SWT yang dilantunkan saat pawai obor 1 Muharram juga menunjukkan rasa syukur menyambut Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah. Selain itu, kegiatan pawai obor kerap dijadikan ajang menjalin silaturahmi sesama manusia," pungkasnya.

Reporter: Jack

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2023 INFONEWS WEB | Amanah Aspirasi Rakyat | All Right Reserved